RENEWABLE ENERGY INDONESIA
Indonesia Menuju Transisi Energi

Situs “Renewable Energy Indonesia” ini diprakarsai oleh Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Ketenagakerjaan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk menyediakan berbagai informasi terkait perkembangan energi terbarukan di Indonesia.

Selain menjadi “gerbang” bagi masyarakat umum untuk mengetahui lebih banyak tentang energi terbarukan, situs ini memiliki fitur khusus untuk siswa / calon siswa / lulusan untuk mencari pendidikan, pelatihan, dan pekerjaan di sektor energi terbarukan di Indonesia. Sebaliknya, tersedia juga fitur khusus untuk perusahaan dan industri untuk mengunggah profil perusahaan dan lowongan kerja, sehingga situs ini diharapkan dapat juga menjadi sarana yang mempertemukan para siswa dan pencari kerja dengan perusahaan penyedia lapangan kerja serta lembaga pendidikan yang menyediakan pendidikan, pelatihan dan sertifikasi tentang energi terbarukan.

Renewable Energy Indonesia tentang energi terbarukan

Indonesia berkomitmen penuh untuk ikut serta menangani perubahan iklim yang kian hari semakin nyata dampaknya.

Arah kebijakan energi nasional ke depan berfokus pada transisi dari energi fosil menjadi energi baru terbarukan (EBT), yaitu energi yang lebih bersih, minim emisi, dan ramah lingkungan. Komitmen pemerintah sejalan dengan komitmen Indonesia pada Paris Agreement, khususnya Amanat UU No. 16/2016 tentang Pengesahan Paris Agreement yaitu target penurunan emisi gas rumah kaca sesuai dengan Nationally Determined Contributions pada 2030 sebesar 29% dari Business As Usual dengan kemampuan sendiri dan 41% dengan bantuan internasional.

Guna mencapai berbagai target yang ambisius tersebut, kebijakan dan peraturan yang kondusif yang mendukung perkembangan EBT di dalam negeri harus dibarengi dengan upaya untuk mempersiapkan generasi penerus dan tenaga kerja yang kompeten di sektor energi terbarukan. Pemerintah, industri, akademisi, media, dan masyarakat harus bekerja sama untuk menjembatani kapasitas tenaga kerja yang ada sekarang dan ketrampilan serta kompetensi yang dibutuhkan di masa mendatang di sektor EBT.

Semoga portal Renewable Energy Indonesia ini dapat mendukung upaya penyebaran informasi tentang energi terbarukan serta penguatan kolaborasi energi terbarukan di Indonesia.

Program Renewable Energy Indonesia ini dapat tercapai karena dukungandan arahan lembaga dan instansi berikut:

Renewable Energy Indonesia logo sinergi

Kenalkan, Rinyu!

Maskot Rinyu bisa kamu pakai untuk konten media sosial dan promosi energi terbarukan. Yuk dipakai biar energi terbarukan makin akrab dengan semua!

Jadilah Mitra Kami

Tertarik jadi bagian gerakan energi masa depan? Ayo bergabung menjadi kontributor konten atau mitra industri kami!