PPSDM KEBTKE Ikuti Indonesia EBTKE ConEx pada 12 s.d. 14 Juli 2023 di ICE BSD – Tangerang

Education
Technology
Regional
Government
Education
Economy
Campaign

PPSDM KEBTKE mengikuti pameran Indonesia EBTKE ConEx 2023 ke-11 yang diselenggarakan pada 12-14 Juli 2023 di Indonesia Convention Expo (ICE) BSD, Tangerang. Indonesia EBTKE ConEx ini mengangkat isu mengenai Energi terbarukan dan didukung penuh oleh berbagai perusahaan yang berjalan di bidang energi terbarukan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membuka acara Indonesia EBTKE ConEx 2023 ke-11, yang mengusung tema ‘From Commitment to Action: Safeguarding Energy Transition Towards Indonesia Net Zero Emission 2060’ di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Rabu (12/7). Menteri ESDM mengatakan bahwa Indonesia telah menargetkan Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat, untuk mencapai target tersebut dibutuhkan program yang tersusun dengan baik, serta membutuhkan usaha yang ekstra keras.

Dalam kesempatan ini booth Kementerian ESDM membagikan informasi terkait informasi energi baru terbarukan untuk mencapai NZE 2060 atau lebih cepat. Dari PPSDM KEBTKE sendiri membagikan informasi terkait Pelatihan Teknis Konversi Motor BBM Menjadi Motor Listrik, Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang Konservasi Energi, Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang Konservasi Energi, serta Program Unggulan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang Energi Baru Terbarukan.

Selain itu, terdapat juga informasi terkait Pengembangan Energi Baru Terbarukan untuk Mencapai NZE Sektor Energi 2060, Peta Jalan Transisi Energi Menuju Karbon Netral 2060, Konversi Motor Listrik, Laboratorium Bioenergi BBSP KEBTKE, Peta Potensi Bioenergi Indonesia, Peta Potensi Energi Angin Indonesia, Peta Potensi Energi Hidro Indonesia,  Potensi Energi baru Terbarukan dan Konsumsi Energi,  Upaya Dekarbonisasi NZE 2060, Proyek dan Strategi Pemenuhan Kebutuhan Energi per Sektor, Tantangan & Enabling Factors Pengembangan EBT, Urgensi Pelaksanaan Konversi Motor Listrik, Roadmap Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), Kepmen ESDM No. 39 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Konversi Motor Listrik, Alur Proses Konversi, Tahapan Konversi Motor Listrik pada Platform, Peningkatan Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, dan Sebaran Charging Station di Indonesia.

Indonesia sendiri mempunyai potensi yang sangat luar biasa besar untuk mendukung percepatan NZE, Arifin menyebut bahwa berbagai macam energi baru dan terbarukan (EBT) dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal apabila infrastruktur jaringan dapat dibangun sesuai dengan perencanaan yang matang.   Untuk mencapai NZE juga ada rintangan lain dan juga bisa menjadi kesempatan besar, yaitu dari sisi teknologi, dimana pemanfaatan teknologi yang tepat akan bisa memberikan nilai tambah dan mempercepat mencapai NZE. “Seperti teknologi yang bisa memanfaatkan reservoir-reservoir untuk menyimpan karbon, itu yang harus kita amankan, karena teknologi capturing (carbon) itu kompetitif, dan potensinya itu masih bisa terbuka sangat lebar,” imbuhnya. Pemerintah tengah mendorong pemanfaatan EBT untuk mencapai target bauran energi dengan cepat, yaitu dengan merevisi atau membuat kebijakan-kebijakan terkait pemanfaatan EBT, seperti Rancangan Undang-Undang (RUU) Energi Baru Energi Terbarukan (EBET) yang saat ini sedang dalam proses pembahasan Daftar Induk Masalah (DIM), serta Peraturan Presiden mengenai tarif, dengan harapan akan memudahkan usaha dalam bidang EBT.

Pameran ini menjadi hasil kerja sama dari Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) dan berbagai pihak untuk membangun masa depan energi terbarukan dengan kolaborasi di dalam Indonesia EBTKE ConEx 2023. Indonesia EBTKE ConEx 2023 ke-11 juga diisi dengan penandatanganan sejumlah Nota Kesepahaman (MoU) untuk proyek di bidang transisi energi, carbon removal & avoidance, kendaraan listrik, serta proyek pengembangan energi terbarukan.

PPSDM KEBTKE memberikan pelayanan publik melalui pendidikan dan pelatihan, sertifikasi untuk aparatur, masyarakat umum, juga pengelola industri di sektor Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan (EBT),  Konservasi Energi (KE), serta memberikan jasa konsultansi dan audit energi pada industri/bangunan gedung, juga kerjasama penyewaan dan penyelenggaraan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

 

Bagikan halaman ini

Berita Terkait

Eduwara
Education
Eduwara.com, BLORA – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bekerja sama dengan Pemerintah Konfederasi Swiss melalui proyek Renewable Energy Skills Development (RESD) menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) Advance Maintenance, Commissioning, Fault Finding, Trouble Shooting of Solar PV and SCADA. Diklat yang diselenggarakan di PEM Akamigas pada 29 Januari-9 Februari 2024 ini merupakan lanjutan dari diklat yang sama yang diselenggarakan di Bali pada 8-9 Januari 2024. Materi ToT meliputi ToT: Basic Maintenance, Commissioning, Fault Finding, Trouble Shooting of Solar PV and SCADA. Kemudian, ToT: Advance Maintenance, Commissioning, Fault...
CNBC
Government
Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui revisi Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 26 tahun 2021 tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang Terhubung pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan (EBT) Ditjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andriah Feby Misna mengatakan bahwa aturan tersebut sudah disetujui oleh Jokowi sejak awal Januari 2024. “Sudah di-approve Presiden (Jokowi), sudah ditandatangani Pak Menteri (ESDM Arifin Tasrif) sekarang tinggal proses perundangan saja,” ujar Feby saat ditemui di Kantor...
Poliupg
Education
Denpasar, Bali, 19 Januari 2024 — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerja sama dengan Swiss State Secretariat for Economic Affairs SECO, berhasil menyelenggarakan pelatihan dosen dari lima politeknik negeri dengan fokus pada “Solar Fotovoltaik dan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA): Pemeliharaan, Commissioning, Fault Finding, dan Troubleshooting.” Pelatihan berlangsung sejak 8 hingga 19 Januari 2024, bertujuan memperkuat implementasi program Diploma 4 Spesialisasi 1 Tahun Energi Terbarukan yang diluncurkan sejak tahun ajaran 2022/2023 lalu. Seri pelatihan dua minggu ini merupakan bagian dari upaya penguatan kompetensi dosen di bawah kerangka kerja sama Indonesia-Swiss melalui proyek...

Jelajahi peluang karir di Indonesia atau temukan bakat luar biasa di sektor energi terbarukan

Portal ini bertujuan mempertemukan pencari kerja dan penyedia kerja di sektor energi terbarukan. Temukan pekerjaan impian atau cari pekerja yang tepat untuk perusahaan Anda dengan mudah dan cepat. Bergabunglah sekarang!