S2 Teknik Energi Terbarukan

Kab. Aceh Utara

Program Studi Magister (S2) Teknik Energi Terbarukan memiliki keunggulan keilmuan di bidang kajian teknologi berbasis sumber energi terbarukan terutama terkait dengan aspek teoretis dan metodologis. Bidang kajian yang diusulkan dalam program studi ini ada dalam dua bidang peminatan, yaitu: a) Manajemen Energi Terbarukanb) Rekayasa Energi Terbarukan. Kedua bidang ini sangat diperlukan di Aceh setelah berhentinya eksplorasi gas alam PT. Arun karena untuk menggiatkan aktivitas perekonomian dan industri sangat membutuhkan akses terhadap sumber energi. Di sisi lain, keberadaan sumber energi fosil semakin langka dan mahal maka diperlukan energi alternatif berupa sumber energi terbarukan. Harga BBM yang cenderung terus meningkat, menuntut diberlakukannya percepatan penguasaan teknologi berbasis energi terbarukan yang secara bertahap akan melakukan substitusi terhadap bahan bakar fosil. Dampak negatif penggunaan energi fosil terutama batubara turut mendorong pemerintah dalam mengambil kebijakan yang strategis dalam hal ketahanan energi nasional. Pemerintah telah mentargetkan pangsa energi baru terbarukan menjadi 25% pada tahun 2025. Pada konteks inilah kehadiran magister teknik energi terbarukan sangat relevan dengan kondisi dan situasi di Aceh pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang energi terbarukan, dibutuhkan kerjasama multi-disiplin antara teknik kimia, teknik mesin, teknik industri dan teknik elektro sehingga mampu menghasilkan sumber energi yang ramah lingkungan dan effisien. Teknologi konversi energi terbarukan membutuhkan kajian lebih lanjut oleh akademisi dan praktisi untuk mengoptimalkan sistem produksi sehingga teknologi yang dikembangkan akan mampu mendatangkan keuntungan dari segi finansial dan dapat diaplikasi dalam masyarakat. Untuk memahami isu-isu dan permasalahan dalam perencanaan, pengelolaan sumber daya energi serta analisis terhadap aspek ekomomi, modal dan bisnis, lulusan Magister Teknik Energi Terbarukan membutuhkan wawasan dan pengetahuan di bidang ekonomi manajemen dan ekonomi pembangunan. Perspektif sosiologis terapan dibutuhkan juga untuk mengeksplorasi  lebih  mendalam tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam penerapan suatu teknologi baru di tengah masyarakat. Akar  persoalan yang menjadi temuan dari kajian sosiologi tersebut akan diimplimentasikan dalam bentuk kebijakan (Policy). Dengan demikian ketujuh bidang keilmuan tersebut saling terhubung dan sama-sama dibutuhkan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik energi terbarukan.

Teknik Energi Terbarukan memiliki hubungan keilmuan yang bersifat sinergitas terutama dengan program studi strata satu Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik...
Alamat Kantor
Kampus Utama Cot Tengku Nie Reuleut, Cot Tengku Nie Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara - Aceh

Program Studi Lainnya

Tidak ada program studi
Renewable Energy Indonesia placeholder

S2 Teknik Energi Terbarukan

Kab. Aceh Utara
Share

Halo! Melalui REI, kamu bisa belajar, akselerasi karir, dan temukan talenta terbaik di energi terbarukan⚡

Yuk, pilih yang ingin kamu dalami 👇