Mobil Listrik Bisa Murah Nih, Pemerintah Mau Beri Subsidi

Technology
Technology
Regional
Government
Education
Economy
Campaign

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hingga kini masih menggodok pemberian insentif berupa subsidi, untuk pembelian kendaraan listrik. Sehingga harga kendaraan listrik yang saat ini masih cukup mahal di pasaran bisa ditekan.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, mengatakan proses pemberian insentif untuk menarik masyarakat dalam membeli kendaraan listrik masih dalam pembahasan. Arifin belum dapat membeberkan mekanisme maupun besaran subsidi yang akan diberikan.

“Ini yang sedang dibahas detailnya dan mudah mudahan ini bisa mendorong percepatan pemanfaatan kendaraan bermotor listrik, pajaknya, insentif apa itu lagi dibahas,” kata Arifin ditemui di Gedung DPR, Senin (21/11/2022).

Seperti diketahui, pemerintah tengah menyiapkan insentif berupa subsidi untuk pembelian kendaraan listrik. Yang diharapkan hal ini bisa mendongkrak populasi kendaraan listrik di dalam negeri.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sebelumnya juga mengungkapkan wacana insentif itu masih dalam tahapan pembahasan internal pemerintah. Namun, diharapkan dapat terbit pada 2023 mendatang.

“Sedang kita bahas ini ide dari beberapa kementerian, melihat ekuilibrium daripada mobil listrik bertambah baik dan cepat apabila ada subsidi,” kata Budi Karya, Rabu (12/10/2022).

Menurut Budi, subsidi ini sangat memungkinkan untuk direalisasikan, terutama di tengah kebijakan pemerintah yang banyak memberikan subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM).

“Kami sebagai sektor yang menangani sangat senang sekali karena kemungkinan itu bisa dilakukan dan perhitungan yang dibuat subsidi kepada pembeli motor dan mobil dalam kurun waktu 3-4 tahun, itu setara dengan pemberian subsidi ke BBM selama 3-4 tahun,” kata Budi Karya.

Selain itu dampak perhitungan lainnya dengan semakin banyaknya populasi kendaraan listrik, akan berdampak pada aspek lingkungan yang menjadi lebih baik.

Bagikan halaman ini

Berita Terkait

Eduwara
Education
Eduwara.com, BLORA – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bekerja sama dengan Pemerintah Konfederasi Swiss melalui proyek Renewable Energy Skills Development (RESD) menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) Advance Maintenance, Commissioning, Fault Finding, Trouble Shooting of Solar PV and SCADA. Diklat yang diselenggarakan di PEM Akamigas pada 29 Januari-9 Februari 2024 ini merupakan lanjutan dari diklat yang sama yang diselenggarakan di Bali pada 8-9 Januari 2024. Materi ToT meliputi ToT: Basic Maintenance, Commissioning, Fault Finding, Trouble Shooting of Solar PV and SCADA. Kemudian, ToT: Advance Maintenance, Commissioning, Fault...
CNBC
Government
Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui revisi Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 26 tahun 2021 tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang Terhubung pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan (EBT) Ditjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andriah Feby Misna mengatakan bahwa aturan tersebut sudah disetujui oleh Jokowi sejak awal Januari 2024. “Sudah di-approve Presiden (Jokowi), sudah ditandatangani Pak Menteri (ESDM Arifin Tasrif) sekarang tinggal proses perundangan saja,” ujar Feby saat ditemui di Kantor...
Poliupg
Education
Denpasar, Bali, 19 Januari 2024 — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerja sama dengan Swiss State Secretariat for Economic Affairs SECO, berhasil menyelenggarakan pelatihan dosen dari lima politeknik negeri dengan fokus pada “Solar Fotovoltaik dan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA): Pemeliharaan, Commissioning, Fault Finding, dan Troubleshooting.” Pelatihan berlangsung sejak 8 hingga 19 Januari 2024, bertujuan memperkuat implementasi program Diploma 4 Spesialisasi 1 Tahun Energi Terbarukan yang diluncurkan sejak tahun ajaran 2022/2023 lalu. Seri pelatihan dua minggu ini merupakan bagian dari upaya penguatan kompetensi dosen di bawah kerangka kerja sama Indonesia-Swiss melalui proyek...

Jelajahi peluang karir di Indonesia atau temukan bakat luar biasa di sektor energi terbarukan

Portal ini bertujuan mempertemukan pencari kerja dan penyedia kerja di sektor energi terbarukan. Temukan pekerjaan impian atau cari pekerja yang tepat untuk perusahaan Anda dengan mudah dan cepat. Bergabunglah sekarang!