Delegasi Indonesia Unggul Worldskills ASEAN ke-13

Education

DELEGASI Indonesia menjadi juara umum dalam perhelatan Worldskills ASEAN ke-13 2023 di Singapura. Prestasi itu membuktikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) negeri ini tidak kalah dari negara-negara lain.

“Capaian ini menunjukkan bahwa pembangunan SDM Indonesia sudah berada di jalur yang benar, serta membuktikan bahwa Indonesia kualitas SDM-nya tidak kalah bersaing dengan negara-negara lain,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat acara Penyambutan dan Apresiasi Delegasi RI 13th Worldskills ASEAN Singapore, di Jakarta, Sabtu (29/7).

Perhelatan Worldskills ASEAN ke-13 di Singapura merupakan ajang kompetisi bagi talenta-talenta muda dari negara-negara ASEAN.

Para kompetitor atau peserta dari Indonesia mempersiapkan kemampuan untuk berkompetisi pada ajang ini selama sembilan bulan dan memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Tercatat pada ajang ini Indonesia memperoleh 27 medali dengan rincian 14 medali emas, 8 medali perak, 3 medali perunggu, dan 2 medallion of excellence (diploma). Dengan hasil tersebut, kata dia, membuat Indonesia menjadi juara umum di Worldskills ASEAN ke-13 2023.

“Pencapaian ini merupakan jerih payah para kompetitor dan usaha para expert yang telah mempersiapkan kompetitor dengan keterampilan terbaik, serta dukungan dari para pimpinan training center dan pihak sponsor,” kata Menaker Ida Fauziyah.

Pencapaian Indonesia tersebut pun seolah menjadi kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023.

“Merupakan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pelaksanaannya di negeri orang. Memperoleh nilai tertinggi. Ini hadiah terindah untuk ulang tahun Indonesia yang ke-76 dan hadiah untuk ulang tahun Kemenaker,” kata Ida.

Kompetisi internasional tersebut dapat menjadi pengalaman yang berharga bagi para kompetitor untuk lebih meningkatkan kompetensi mereka.

Baik kompetitor maupun expert dikatakan Menaker akan mendapat insentif dari pemerintah berupa uang tunai, yakni bagi peraih medali emas sebesar Rp25 juta, peraih medali perak Rp20 juta, peraih medali perunggu Rp15 juta, serta peraih medallion of excellence (diploma) Rp12,5 juta.

“Hari ini kami menyerahkan penghargaan kepada delegasi Indonesia pada ajang Worldskills ASEAN ke-13. Penghargaan ini diberikan setelah Indonesia berhasil menjadi juara umum di ajang kompetisi ini, Alhamdulillah,” katanya.

Selain itu, semua kompetitor akan mendapat sertifikat partisipasi dari Singapura sebagai negara penyelenggara acara. Menaker Ida Fauziyah pun berpesan agar di ajang Worldskills ASEAN berikutnya pada 2025, delegasi Indonesia dapat kembali meraih juara umum.

(Z-9)

Bagikan halaman ini

Berita Terkait

CNBC
Government
Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerbitkan Keputusan Dirjen Ketenagalistrikan Nomor 279.k/TL.03/DJL.2/2024 tentang Kuota Pengembangan Sistem PLTS Atap PLN Tahun 2024-2028. Hal ini terungkap atas surat Dirjen Ketenagalistirkan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu kepada Dirut PLN Darmawan Prasodjo pada 27 Mei 2024 yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (4/6/2024). Berikut ketentuan aturannya: Dalam diktum kesatu aturan anyar ini memutuskan untuk, menetapkan kuota pengembangan sistem PLTS Atap PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Tahun 2024 sampai dengan Tahun 2028 yang selanjutnya disebut Kuota PLTS Atap PLN 2024 s/d 2028 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak...
Eduwara
Education
Eduwara.com, BLORA – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bekerja sama dengan Pemerintah Konfederasi Swiss melalui proyek Renewable Energy Skills Development (RESD) menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) Advance Maintenance, Commissioning, Fault Finding, Trouble Shooting of Solar PV and SCADA. Diklat yang diselenggarakan di PEM Akamigas pada 29 Januari-9 Februari 2024 ini merupakan lanjutan dari diklat yang sama yang diselenggarakan di Bali pada 8-9 Januari 2024. Materi ToT meliputi ToT: Basic Maintenance, Commissioning, Fault Finding, Trouble Shooting of Solar PV and SCADA. Kemudian, ToT: Advance Maintenance, Commissioning, Fault...
CNBC
Government
Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui revisi Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 26 tahun 2021 tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang Terhubung pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan (EBT) Ditjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andriah Feby Misna mengatakan bahwa aturan tersebut sudah disetujui oleh Jokowi sejak awal Januari 2024. “Sudah di-approve Presiden (Jokowi), sudah ditandatangani Pak Menteri (ESDM Arifin Tasrif) sekarang tinggal proses perundangan saja,” ujar Feby saat ditemui di Kantor...

Halo! Melalui REI, kamu bisa belajar, akselerasi karir, dan temukan talenta terbaik di energi terbarukan⚡

Yuk, pilih yang ingin kamu dalami 👇