Changemakers
Changemakers in Indonesia

The purveyor of progress in renewable energy

Portal Changemakers ini adalah gerbang informasi bagi masyarakat umum dan pelaku industri energi terbarukan di Indonesia. Selain informasi umum tentang perkembangan energi terbarukan di tanah air, fitur interaktif bagi perusahaan juga tersedia. Ayo kita manfaatkan sebaik-baiknya!

Energi Terbarukan di Indonesia

Menteri ESDM pada pertemuan internasional United Nations Climate Change Conference 2021 (COP26) mengumumkan bahwa Indonesia telah merumuskan peta jalan menuju Net Zero Emission di tahun 2060. Di sektor energi, Indonesia menetapkan target 23% EBT pada bauran energi primer di tahun 2025. Dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Perusahaan Listrik Negara (PLN) 2021-2030, pemerintah meningkatkan porsi pembangkit listrik berbasis EBT melebihi porsi energi fosil, yaitu sebesar 51.6% atau setara dengan 20,9 Giga Watt. Mulai tahun 2026, akan dilakukan penghentian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) tahap pertama dengan ditiadakannya penambahanan kapasitas baru dan pengembangan pembangkit energi surya, hidro, dan panas bumi secara masif hingga mendominasi 57% energi terbarukan pada 2035.

Tahun 2036-2060 akan menjadi tahap kedua penghentian PLTU termasuk subcritical, critical dan sebagian supercritical sedangkan porsi EBT akan meningkat menjadi 66% yang didominasi oleh pembangkit surya, hidro, dan bioenergi.

Transisi energi menuju Net Zero Emission tentunya membutuhkan identifikasi sumber daya energi, infrastruktur dan teknologi energi, serta alokasi pembiayaan yang sesuai, dan yang paling penting: ketersediaan sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas di setiap tahapan proyek energi. Di bawah ini adalah direktori beberapa pelaku utama dalam upaya mendukung perkembangan EBT di Indonesia.

Renewable Energy Indonesia changemakers penthalix ecosystem

Daftarkan perusahaan Anda untuk difitur dalam Direktori kami. Anda juga dapat pasang lowongan kerja perusahaan Anda secara gratis!

Renewable Energy Indonesia changemakers banner