BBM Bioetanol Berbasis Tebu Mau Diuji Coba, Ini Bocoran Erick Thohir

Business And Partnership
Technology
Regional
Government
Education
Economy
Campaign

Jakarta – PT Pertamina (Persero)akan melakukan uji coba penggunaan bioetanol berbahan dasar nabati, salah satunya tebu pada akhir Juni ini. Uji coba akan dilakukan di Surabaya.
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan, Pertamina tengah mempersiapkan diri untuk melaksanakan uji coba tersebut. Ditargetkan uji coba akan dilakukan pada akhir bulan ini.

“Tanya Bu Nicke (Dirut Pertamina). Yang saya tahu di Surabaya mestinya akhir bulan ini sudah ada 15 (SPBU penyedia biofuel),” kata Erick ditemui di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (17/6/2023).

Penggunaan ini dilakukan sebagai salah satu upaya menekan penggunaan bahan bakar fosil di tanah air, dan beralih ke energi baru terbarukan (EBT). Apabila penggunaannya bisa turun, impor pun juga bisa turun, dan polusi udara pun bisa ikut terdorong.

Selain penggunaan biofuel, Erick menambahkan, pemerintah juga terus mendorong penggunaan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di tanah air, salah satunya dengan menggelontorkan insentif untuk pembelian maupun konversi kendaraannya.

“Karena 50% mobil listrik menekan impor BBM, tapi di sisi lain petrochemical industri kita tetap perlu BBM untuk baju, botol plastik, obat-obatan. Artinya apa, ini benar sesuatu yang harus dijalankan bersamaan,” kata Erick.

“Makannya biodiesel jadi solusi mengurangi dan percepat itu. Ini kesinambungan bersama antara program pemerintah dan kemauan rakyat untuk udara yang kotor,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menjelaskan produk baru bioetanol ini merupakan Pertamax yang dicampur dengan etanol sebanyak 5%. Produk ini akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Fadjar belum menyampaikan tanggal peluncuran untuk produk tersebut. Meski begitu, dia mengatakan, produk ini akan memiliki research octane number (RON) 95.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, bagi Pertamina, transisi energi bukan sekadar hanya menurunkan karbon emisi, melainkan mewujudkan kemandirian energi. Oleh karena itu, pihaknya akan mengembangkan energi yang berbasis sumber daya alam Indonesia. Selaras dengan itu, Pertamina akan meluncurkan bioetanol pada bulan ini.

“Jadi nanti kita di bulan ini, nggak apa-apa ya Pak Alfian kita bocorin dulu, kita mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi Pertamax itu kita campur dengan etanol,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/6/2023) lalu.

Bagikan halaman ini

Berita Terkait

Eduwara
Education
Eduwara.com, BLORA – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bekerja sama dengan Pemerintah Konfederasi Swiss melalui proyek Renewable Energy Skills Development (RESD) menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) Advance Maintenance, Commissioning, Fault Finding, Trouble Shooting of Solar PV and SCADA. Diklat yang diselenggarakan di PEM Akamigas pada 29 Januari-9 Februari 2024 ini merupakan lanjutan dari diklat yang sama yang diselenggarakan di Bali pada 8-9 Januari 2024. Materi ToT meliputi ToT: Basic Maintenance, Commissioning, Fault Finding, Trouble Shooting of Solar PV and SCADA. Kemudian, ToT: Advance Maintenance, Commissioning, Fault...
CNBC
Government
Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui revisi Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 26 tahun 2021 tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang Terhubung pada Jaringan Tenaga Listrik Pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik untuk Kepentingan Umum Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan (EBT) Ditjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andriah Feby Misna mengatakan bahwa aturan tersebut sudah disetujui oleh Jokowi sejak awal Januari 2024. “Sudah di-approve Presiden (Jokowi), sudah ditandatangani Pak Menteri (ESDM Arifin Tasrif) sekarang tinggal proses perundangan saja,” ujar Feby saat ditemui di Kantor...
Poliupg
Education
Denpasar, Bali, 19 Januari 2024 — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerja sama dengan Swiss State Secretariat for Economic Affairs SECO, berhasil menyelenggarakan pelatihan dosen dari lima politeknik negeri dengan fokus pada “Solar Fotovoltaik dan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA): Pemeliharaan, Commissioning, Fault Finding, dan Troubleshooting.” Pelatihan berlangsung sejak 8 hingga 19 Januari 2024, bertujuan memperkuat implementasi program Diploma 4 Spesialisasi 1 Tahun Energi Terbarukan yang diluncurkan sejak tahun ajaran 2022/2023 lalu. Seri pelatihan dua minggu ini merupakan bagian dari upaya penguatan kompetensi dosen di bawah kerangka kerja sama Indonesia-Swiss melalui proyek...

Jelajahi peluang karir di Indonesia atau temukan bakat luar biasa di sektor energi terbarukan

Portal ini bertujuan mempertemukan pencari kerja dan penyedia kerja di sektor energi terbarukan. Temukan pekerjaan impian atau cari pekerja yang tepat untuk perusahaan Anda dengan mudah dan cepat. Bergabunglah sekarang!